MIX MAX
VODKA MIX
RASA: CRANBERRY GRAPEFRUIT
MINUMAN BERALKOHOL GOLONGAN A BERKARBONASI
DI PRODUKSI OLEH: PT. PERIND. BAPAK DJENGGOT TANGERANG, INDONESIA
DIBELI DENGAN HARGA: RP 13.150,- (DI INDOMARET)

NETTO: 275 ml
KOMPOSISI:
SARI BUAH CRANBERRY & GRAPEFRUIT (10%)
CARBONATED WATER, VODKA, GULA PASIR, ASAM SITRAT, PENGAWET NATRIUM BENZOAT, PENCITA RASA CRANBERRY & GRAPEFRUIT, PEWARNA KARMOISIN CI 14720
MENGANDUNG ALKOHOL 4,8%
TIDAK TERDAPAT CAP “HALAL” DARI MUI (MAJELIS ULAMA INDONESIA)


Kronologis:
Entah apa yang ada dalam pikiran saya malam itu (13nov09) pada saat saya mambeli minuman ini. Saat itu hujan lebat turun sejak sore dan listirk juga mati. Jadi untuk menghibur diri, saya di kos jagongan saja sama temen di kamar saya. Mau apa lagi coba? masa mau nonton tipi? Wong listrik aja lagi mati…

Tanpa terasa, jagongan/ngobrol di cuaca yang dingin, gelap dan masih hujan rintik-rintik tak urung membuat perut kami keroncongan juga. Apalagi saat itu memang sudah waktunya makan malam. Jadi saya mengajak teman kos saya itu (namanya sulis) untuk pergi cari makan. Tapi dengan kondisi cuaca yang masih hujan rintik-rintik membuat kami males buat ngeluarin motor. Akhirnya kami keluar jalan kaki mencari warung makan atau warteg terdekat. Tapi sayangnya warteg tujuan pertama kami tutup. Nah, pas pulang dari warteg pertama ini kami melewati Indomaret yang kebetulan listriknya nyala karena punya listik cadangan. Tiba-tiba saja saya punya keinginan untuk masuk ke Indomaret itu. Mungkin gara-gara cuaca yang dingin saya kepikiran untuk membeli anggur kolesom biar bisa buat menghangatkan badan. Teman saya pun setuju saja. Padahal sumpah, saya belum pernah sekali pun membeli atau minum minuman kayak gitu. Saya sampai punya pikiran buat beli anggur kolesom sebenarnya itu karena beberapa waktu sebelumnya saya tak sengaja nonton acara Oprah di Metrotv. Kebetulan dalam acara itu lagi di bahas resep awet muda. Dan salah satu resep awet muda itu adalah dengan rutin minum red wayne (anggur merah). Sejak itu saya kepikiran untuk mencoba anggur merah. Tapi sayangnya anggur merah seperti yang saya lihat di acara Oprah itu kan jarang ada, biarpun ada pasti harganya mahal. Sedangkan produk lokal yang saya tahu ya anggur kolesom itu. Yang biasanya sering dijadikan bahan campuran untuk jamu. Karena sering digunakan untuk jamu maka saya pikir pasti tidak haram. Saya juga tidak tahu itu mengandung alkohol apa tidak. Yang pernah saya dengar bahwa minum anggur kolesom bisa bikin tubuh jadi hangat. Jadi cocok karena saat itu cuaca lagi dingin. Iya kan? Tapi saya juga pernah dengar kalau minum anggur kolesom bisa bikin gemuk. Masa sih? Kebetulan body saya kan agak kurus.

Ternyata begitu kami masuk ke Indomaret, di sana nggak ada anggur kolesom. Mungkin dulu saya salah lihat kalau di Indomaret ada anggur kolesom. Yang ada malah bir Bintang dan bir Angker. Itu kan jauh dari tujuan semula.. saya juga nggak pernah punya niat buat mabok-mabokan. Tapi entah kenapa saya malah tertarik dengan vodka mix-max yang di pajang di rak. Saya sering mendengar orang membicarakannya. Bahkan adik perempuan saya katanya pernah nyicipi. Ketika saya lihat, ternyata kandungan alkoholnya cuma 4,8% saja. Maka setelah mimilih dari berbagai rasa yang ada, saya ambil satu kemudian saya tebus di kasir. Yang spesifikasinya saya jelaskan di atas tadilah yang saya pilih.

Setelah saya coba ternyata rasanya ya hampir sama kayak minuman bersoda lainnya, tapi memang ada rasa semriwing di setiap teguknya. Saya meminumnya sedikit-sedikit. Nggak sampe langsung abis. Saya juga nggak merasakan mabok atau pusing-pusing. Tapi sebenarnya minuman ini haram apa nggak ya?? Nggak tau deh… yang penting nggak sampe mabok, gitu aja. Hehehe…..

Bagi teman-teman yang pengen mencoba saya sarankan mending nggak usah coba-coba deh, sebab saya sendiri juga belum tahu ada pengaruh buruknya apa tidak. Tapi mudah-mudahan sih nggak ada. Soalnya saya kan sudah terlanjur minum. hehehe......

Comments (35)

On 16 September 2011 pukul 09.52 , Miss Cathy mengatakan...

kamu mirip bgt kayak Bayu Noer Host MANCING MANIA MANTAB !!!!!!!

 
On 25 September 2011 pukul 04.52 , rivaniRJ mengatakan...

aduh temenku tadi ad yg minum itu, tapi kok ngeliatnya ngerii ya.... :O

 
On 15 November 2011 pukul 18.44 , Hanny mengatakan...

0,01% aja haram apalagi 4,8% ????

 
On 22 November 2011 pukul 08.12 , Tugas Kelompok 7 PTIK mengatakan...

gpp... kali2 ini, asal jangan tiap hari aj boss

 
On 20 Desember 2011 pukul 05.20 , U, Me, and the Journal mengatakan...

nope asal ga smpe mabuk

 
On 1 Januari 2012 pukul 23.14 , willy arisanda mengatakan...

hahahahahaha....ngakak abiz q baca crita u..msok iya mo bli anggur kolesom dIndomart?????
untung g dApotik..

 
On 9 Februari 2012 pukul 10.43 , Anonim mengatakan...

hahaha.. kayak barusan nih.. masuk Alfamart niat beli minuman Green Tea, entah kenapa ngelirik MixMax,, tapi akhirnya ga jadi beli MixMax krna ragu haram atau halal nya,,

 
On 25 April 2012 pukul 19.49 , pak tani mengatakan...

wowowow mixmax itu minuman to ternyata

 
On 9 Juni 2012 pukul 22.11 , pambudi success mengatakan...

kalo di obat batuk gmn tuh

 
On 26 September 2012 pukul 01.35 , Unknown mengatakan...

haha....! untung nggak ketemu kolesom,benar-benar jauh dari tujuan semula! Temanku pernah dikepret guru jaman SMA gara-gara minum kolesom dengan alasan menghangatkan badan, temanku yang satunya lagi beralasan "doyan'' dia nggak diapa-apain ama tuh guru,sang guru bilang " Indonesia sudah segini panasnya masa jawabannya absurd,mau menghangatkan badan " hahaha,cerita yang asyiK.

 
On 29 November 2012 pukul 20.25 , Unknown mengatakan...

yg merah rasanya gak enak, enakan yg biru..
yg classic(kuning) rasanya kyk minum es teh hahaha

 
On 19 Februari 2013 pukul 03.30 , risa cha_cha mengatakan...

q pernah minum mix max itu rasa blueberry jg enak koq...soal haram or halal don't to kenow jg:D

 
On 5 Maret 2013 pukul 05.41 , rizqa putri mengatakan...

jangan minum lagi ntar kayak temen gue,kecanduan,nanti bisa menimbulkan penyakit fatal loo

 
On 16 Mei 2013 pukul 21.58 , Arta Mariana Panjaitan Ponod mengatakan...

bener banget minum mix max bikin kecanduan..

 
On 9 Juli 2013 pukul 02.14 , gun zi mengatakan...

Tadi malam nyobain mix max rasa aple…
Lagi pengen mabok(sumpah pertama kali minum yg b'alkohol)
Sampai tetes terakhir…
Kayaknya gada efek mabok/kliyengan(hahaha)
Tp ntar malam mau nyobbain bintang…

 
On 30 September 2013 pukul 09.26 , TIKOM mengatakan...

semua yang ber-alkohol itu haram!

 
On 14 November 2013 pukul 02.11 , Unknown mengatakan...

Halal atau haram tidak ditentukan dari kadar alkoholnya..mgkn tape kadar alkoholnya lbh tinggi dr vodka..tp tape tidak haram cz tdk memabukkan..dlm AlQuran jg tdk disebutkan kadar alkohol, tp disebut khamr (minuman yg membuat hilang kesadaran)..lalu bgmn dgn mixmax beralkohol yg engga bikin mabok ataupun obat batuk beralkohol? Saya jamin walo itu dijual bebas pasti tdk ada sertifikat halalnya..cz obat atau minuman tsb sengaja dicampur dgn salah satu komposisi khamr yaitu alkohol..trs bgmn dgb obat? Bukankah itu boleh??..tentu tidak..pd saat Rasulullah sdg sakit maka seorang teman beliau yg berprofesi tabib memberikan obat, kmd rasul meminumnya lalu bertanya apa komposisinya..lalu si tabib menjelaskan bahwa terdapat sedikit khamr ddlmnya..kmd nabi memuntahkannya..menyodok2 tenggorokan dgn jarinya..lalu tabib bertanya knp? n rasul memjawab : ALLAH TDK MENCIPTAKAN OBAT DARI SESUATU YG HARAM..

 
On 22 November 2013 pukul 22.33 , Unknown mengatakan...

wkwkwk... kalo mau mabok ya minum jack janiel's atau civass regal.
jangan ngarep minum mix max atau bir bintang bikin mabok... yg ada loe habis satu krat baru mabok.

 
On 3 Desember 2013 pukul 22.48 , Deddyblogs mengatakan...

gua pernah nyoba tu minuman, .. Gppa asal gak kbnyakan aja. ..

 
On 5 Februari 2014 pukul 01.48 , Unknown mengatakan...

HATI HATI jangan sampai terlalu banyak minum minuman keras lo ,nanti bisa kayak temen gue bisa kena penyakit fatal lo.

 
On 26 Februari 2014 pukul 16.24 , Unknown mengatakan...

ada2 ajah, masa mau hangatkan badan pake alkohol,
kalo mau badannya hangat yah duduk diatas genteng tengah hari, ahahaaaa.,!!!

 
On 18 April 2014 pukul 05.29 , Ismi hartinah mengatakan...

gw baru sekali minum MIXMAX yang warnanya biru..enak sih rasanya. Itu juga karna abang gw yg beli tapi gw minta nyicipin. Sekali nyicipin malah satu gelas lebih hahaha sekarang malahan pengen beli lagi tapi gw ragu haram apa kaga -_- kayanya mixmax bikin kecanduan ya?
Oh ya mampir ya ke blog saya : ismihartinah.blogspot.com

 
On 5 Juni 2014 pukul 23.56 , Unknown mengatakan...

yg bkin heran knp d'negara maju sperti jepang sake yg notabene bralkohol bisa dg mudah d'konsumsi? dan knp mski demikian tdk mmpengaruhi warganya yg trkenal memang sngat disiplin..??

 
On 2 Desember 2014 pukul 21.56 , Unknown mengatakan...

Ribet, halal?
Hram?

 
On 24 Desember 2015 pukul 02.56 , Unknown mengatakan...


mix max minum 20 botol jga susah buat bikin saya mabok...mungkin sistem imun terhadap alkoholnya udh rada kebal...alhasil klo mo cabut gigi harus di suntik kebalnya 2-3 x dosis orng biasa...hufftthh...tp yaa itu masa lalu

 
On 4 Oktober 2016 pukul 08.33 , Bebby Syami mengatakan...

😂 Alkohol haram? 😅 Etanol = Alkohol, hamar itu sesuatu yg kalo dikonsumsi dalam jumlah besar, bisa mengakibatkan tertutupnya akal. Etanol gak mungkin diminum 😂 Yg ada hasil mati ditempat hehe

Tape, durian, cuka, semua mengandung alkohol yg cukup besar dan siapa bilang gak ada orang yg mabuk tape sama durian? 😂 Coba makan dalam jumlah banyak 😅 Tape, kalo diperas juga jadi haram karna udah gak bersatu sama padatannya.

Itu mixmax coba minum 4botol juga gak bakal mabok 😅 Maaf bukannya mau nyoba ngebela yg salah, tapi hamar/khamar/khamr bukan alkohol/etanol. Walaupun yg beralkohol bisa masuk ke dalam hamar :D

*saya gak bilang mixmax haram/halal ya*

 
On 2 Januari 2017 pukul 06.12 , Unknown mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

 
On 18 September 2017 pukul 19.33 , Unknown mengatakan...

kalau di islam... kan cukup jelas dibahas.. segala yang memabukan, sedikit atau banyaknya, tetap saja haram.

 
On 8 Juni 2018 pukul 20.48 , Unknown mengatakan...

Asal gk sampe mabok!...Kalo minum minuman ber alkohol sampe pusing/mabok itu harram hukumnya!

 
On 10 Agustus 2018 pukul 21.19 , dessy mengatakan...

Yuk mainkan Sabung ayam online dimana saja bersama AGENS128
dapatkan bonus new member 10% & cashback setiap minggu nya
yuk buruan daftarkan diri anda sekarang juga di agen kami
info bisa kunjuni
http://agens128.co
BBM : D8B84EE1 / BBM : AGENS128
WhatsApp : 087789221725

 
On 8 September 2018 pukul 11.39 , Unknown mengatakan...

Dalilnya (ayat dan hadist) mana? Alkohol itu diminum hanya diperbolehkan apabila kondisi terpaksa dalam tujuan pengobatan dengan rekomendasi dokter. Tuhan saja bilang haram broh. Saya yakin itu hanya kamu sdr yang berpendapat tanpa dasar yang jelas

 
On 8 September 2018 pukul 11.42 , Unknown mengatakan...

Bahkan saat orang yang akan mengalami cangkok hati saja tidak diperbolehkan memnium alkohol karena ada mudharatnya. Dan dokter tidak memperbolehkan. Saya garis bawahi dengan "dokter". Maka sebaiknya Anda belajar lagi ya

 
On 19 Juni 2019 pukul 08.40 , Sasya mengatakan...

Kalo mau mabok minum soju aja alcoholnya 18-19%

 
On 17 April 2023 pukul 13.53 , RizkyNA23 mengatakan...

Ya kalau dari komposisinya, Mix Max itu dicampur Vodka. Walau Mix Max gak memabukkan, tapi karena dicampur Vodka ya jelas haram. Dan Vodka itu termasuk kategori khamr. Wallaahu'alam.

 
On 17 April 2023 pukul 14.02 , RizkyNA23 mengatakan...

Tape, durian, cuka, gak dikategorikan khamr, tapi nabidz. Dan nabidz halal hukumnya, tapi bila sampai memabukkan maka bisa dihukumi had. Perbedaan lainya adalah tujuan dibuatnya. Khamr dibuat memang tujuannya buat memabukkan, sedangkan nabidz tidak. Khamr pasti minuman beralkohol, tapi alkohol belum tentu khamr, artinya minuman beralkohol pasti haram, tapi alkohol belum tentu haram. Wallaahu'alam.